Memilih Iklan Koran Balikpapan

Memilih Iklan Koran Balikpapan

Memasang iklan koran Balikpapan merupakan langkah yang cukup tepat mengingat ibu kota Kalimantan Timur merupakan salah satu kota termahal di Indonesia. Biaya hidup di kota ini sangat tinggi, hal ini mungkin disebabkan karena di kawasan ini banyak terdapat sumber-sumber minyak bumi yang memberikan pemasukan besar sebagai pendapatan bagi daerah maupun pemerintah pusat.

Mungkin karena itu wajar bila kota ini menetapkan hari jadi pada tanggal 10 Februari 1897, sebab saat itu merupakan momentum bersejarah berupa waktu pengeboran minyak yang pertama di Balikpapan Diana eksplorasinya dilakukan dan dikerjakan perusahaan Mathilda.

Setelah itu ditemukan pula sejumlah sumber minyak baru di berbagai kawasan di Balikpapan dan daerah sekitarnya, seperti di Sanga-Sanga, Samboja, maupun di Muara Badak. Beberapa perusahaan minyak yang dikenal beroperasi di kawasan itu diantaranya adalah BPM, Shell dan KPM. Adanya sumber-sumber emas hitam inilahyang kemudian mendorong terjadinya perpindahan penduduk dan menjadikan Balikpapan semakin padat dan berkembanng sangat pesat.

Selain minyak bumi, tak sedikit pula sumber tamang yang banyak terdapat di Balikpapan dan sekitarnya. Diantaranya yang cukup besar adalah batubara dan tambang emas. Penduduk lokal sering terlihat mengais butiran-butiran emas itu dengan cara tradisional di sejumlah lokasi di tepi aliran sungai.

Iklan Koran Balikpapan

Saat ini jumlah penduduk di kota ini tercatat sebanyak 700 ribu atau sekitar 22 persen dari total penduduk di Provinsi Kaltim. Kota ini juga yang paling tinggi tingkat kepadatannya di Kaltim yang didiami sekitar  1.321 orang per km².

Balikpapan juga boleh dibilang mirip Singapura-nya Indonesia dimana banyak pendatang yang diam dan bekerja di kota ini. Mereka datang dari berbagai etnis di Indonesia, seperti dari Banjar, Bugis, Manado, Gorontalo, Madura, Makassar, Jawa Timur,  Jawa, Sunda dan etnis lainnya. Mereka kebanyakan bekerja di perusahaan-perusahaan minyak yang ada maupun bidang usaha lain yang berhubungan dengan tambang bumi tersebut.

Pendatang dari Jawa memang paling banyak yang mencapai 30 persen, diikuti pendatang dari Banjar dan Bugis sekitar 20 persen, dan etnis lainnya di bawah 10 persen. Begitujuga tak sedikit tenaga kerja asing yang juga turut datang dan bekerja di berbagai perusahaan tambang yang ada di Balikpapan dan sekitarnya. Para pendatang tersebut tentunya merupakan target pasar yang menrik pula bila anda bermaksud untuk memasang iklan koran Balikpapan.

Namun sayangnya jumlah surat kabar yang terbit dan beredar di Balikpapan tidak begitu banyak. Hanya ada beberapa Koran lokal yang masih terbit dengan jumlah tiras yang tidak terlalu banyak, seperti Harian Manuntung ataupun Radar Balikpapan. Sisanya adalah koran nasional yang beredar di kota itu, meskipun waktu beredarnya sering terlambat. Untuk meningkatkan hasilnya, maka iklan koran Balikpapan perlu mencermati karakteristik pembacanya yang tampaknya lebih menyukai koran-koran nasional.

  • Share this post
 Chat dengan CS Kami