Potensi Pasar Iklan Koran Kaltim

Potensi Pasar Iklan Koran Kaltim

Memasang iklan koran Kaltim sangat prospektif mengingat provinsi merupakan kawasan yang kaya dengan sumber dayatambang dan terkenal sebagai kawasan dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia. Potensi yang besar inilah yang mendorong pertumbuhan pendidikan di Kaltim sangat tinggi. Bahkan menurut BKKBN Kaltim, jumlah pendidikan provinsi itu mencapai 3,8 juta pada tahun 2012 yang meningkat cukup tajam dari 3,5 juta pada tahun 2010, sehingga diperkirakan akan menembus angka 4 juta jiwa pada tahun 2014 ini.

Ledakan penduduk Kaltim bukanlah murni akibat kelahiran melainkan karena banyaknya pendatang, khususnya dari Pulau Jawa dan Sulawesi yang mengadu nasib di bumi yang kaya dengan batu bara itu. Meskipun laju pertumbuhan penduduk Kaltim menempati urutan ketiga, setelah Papua dan Riau, namun tingkat kepadatannya cukup rendah karena tidak meratanya persebaran penduduk. Penduduk banyak yang terkonsentrasi di beberapa kota besar, seperti Balikpapan dan Samarinda.

Kaltim merupakan kawasan yang multi etnis, namun kebanyakan penduduk Kaltim berasal dari suku Jawa sebanyak 29,55 persen, Bugis (18,26 persen), Banjar (13,94 persen), Dayak (9,91 persen), Kutai (9,21 persen), Toraja (1,96 persen), Sunda (1,59 persen), Madura (1,24 persen), serta etnis lainnya sekitar 13,18 persen. Komunitas Tionghoa yang tiggal di Kaltim tercatat ekitar 1,16 persen.

Daya Tarik Iklan Koran Kaltim

Salah satu faktor membuat iklan koran Kaltim memiliki potensi besar untuk promosi produk atau jasa adalah kenyataan bahwa Kaltim termasuk provinsi yang sangat kaya di Indonesia. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kaltim berada pada peringkat lima nasional, begitu juga nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang padatahun 2012 mencapai lebih dari Rp 400 triliun. Apalagi tingkat pendidikan penduduk Provinsi Kalimantan Timur juga sudah cukup tinggi dengan banyaknya sekolah maupun perguruan tinggi.

Sumber kekayaan Kaltim terutama berasal dari hasil tambang seperti minyak, gas alam, serta batu bara. Sumber lainnya yang sedang dikembangkan adalah pariwisata, agrikultur, dan industri pengolahan. Balikpapan dan Bontang menjadi daerah pengembangan kawasan industri pertambangan untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian Kaltim. Sementara kabupaten-kabupaten lainnya mengembangkan perkebunan kelapa sawit dan hasil hutan lainnya.

Begitu juga untuk sektor pariwisatanya, banyak obyek menarik yang menjadi andalan pemasukan bagi pemerintah setempat. Beberapa obyek tujuan pariwisata yang menarik diantaranya adalah Taman Nasional Kayan Mentarang dan Pantai Batu Lamampu di Nunukan, Kepulauan Derawan di Berau, Pantai Amal di Kota Tarakan, Pulau Kumala di Tenggarong, peternakan buaya di Balikpapan, peternakan rusa di Penajam, Kampung Dayak Pampang di Samarinda, dan sebagainya.

Untuk mempromosikan produk atau jasa anda di Kaltim, anda dapat memilih berbagai Koran yang terbit di daerah itu. Hampir semua Koran nasional juga dapat ditemukan di Kaltim terutama di kota-kota besar. Sedangkan untuk koran lokalnya memang tidak begitu banyak, seperti Harian Manuntung. Namun anda jangan kaget bila tarif iklan koran Kaltim mungkin agak tinggi mengingat kawasan itu terkenal dengan biaya hidupnya yang paling tinggi di Indonesia.

  • Share this post
 Chat dengan CS Kami