Iklan Koran Jambi

Iklan Koran Jambi

Promosi melalui iklan koran Jambi mungkin perlu anda lakukan jika anda ingin menarget pembaca dari etnis Melayu yang memang dominan di wilayah ini. Jambi merupakan tempat berasalnya Bangsa Melayu terutama dari Kerajaan Malayu di Batang Hari Jambi. Karena itu pula Bahasa Melayu menjadi bahasa komunikasi masyarakatnya yang dicirikan dengan dialeknya yang berirama “o”.

Suku bangsa Melayu memang mendominasi etnis masyarakat di Jambi yang mencapai 37,87 persen, diikuti penduduk etnis Jawa 27,64 persen, Kerinci  10,56 persen, Minangkabau 5,47 persen, Banjar 3,47 persen, etnis Sunda 2,62 persen, dan Bugis 2,59 persen. Selain itu juga ada komunitas masyarakat Tonghoa maupun India yang juga tinggal di kawasan ini. Sehingga Jambi juga merupakan masyarakat heterogen yang sangat toleran dan kehidupan sosialnya.

Jambi merupakan sebutan untuk nama provinsi maupun ibu kotanya dan ini sama dengan Bengkulu dan Gorontalo dimana nama provinsi dan ibu kotanya juga sama. Provinsi dengan slogan "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" ini berpenduduk 3 juta lebih dan memiliki 2 kota dan 9 kabupaten dengan tingkat kepadatan yang rendah, yaitu sekitar 60 orang setiap km2.

Prospek Iklan Koran Jambi

Memasang iklan koran Jambi cukup prospektif jika melihat posisi geografisnya yang berada pada posisi yang sangat strategis di tengah Pulau Sumatara. Jambi dikelilingi Provinsi Riau di sebelah utara, Selat Berhala di timur, Provinsi Sumatera Selatan di sebelah selatan, dan Provinsi Sumatera Barat dan Bengkulu di bagian barat. Apalagi dengan dukungan sumber daya alamnya yang melimpah, Jambi menjadi penyuplai bahan baku dan berbagai bahan kebutuhan industri dan masyarakat di wilayah sekelilingnya.

Dengan PDRB per kapita yang mencapai sekitar Rp 10 juta, provinsi ini sangat didukung kekayaan sumber alamnya dari minyak bumi, gas bumi, batubara dan timah putih. Potensi minyak bumi Jambi ditaksir mencapai 1.270,96 juta m3 dan untuk gasnya mencapai  3.572,44 milyar m3.

Kawasan yang memiliki cadangan minyak bumi utama adalah di Kenali Asam, Kabupaten Batanghari dengan cadangan minyaknya yang diperkirakan mencapai 408,99 juta barrel. Sedangkan Struktur Muara Bulian, Kabupaten Muaro Jambi merupakan cadangan gas bumi utama yang diperkirakan sebanyak 2.185,73 miliar m3. Sedangkan cadangan batubaranya diperkirakan sebanyak 18 juta ton yang kebanyakan berada di Kabupaten Muara Bungo.

Dengan potensi sumber tambang ini, Jambi juga dijadikan sebagai kawasan segitiga pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Singapore (IMS-GT). Tingkat kesejahteraan penduduk Jambi juga sudah cukup tinggi melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 71,2 dan tingkat pengangguran yang rendah yaitu hanya sekitar 8 persen.

Meskipun sumber tambangnya cukup bsar, namun banyak penduduk Jambi yang bekerja di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan yang mencapai 46,88 persen, diikuti sektor perdagangan 21,58 persen, dan sektor jasa12,58 persen. Karena itu pula pemerintah mengandalkan pengembangan sektor pertaniannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan realitas ini, maka memasang iklan koran Jambi untuk mempromosikan produk atau jasa cukup prospektif.

  • Share this post
 Chat dengan CS Kami